EconPapers    
Economics at your fingertips  
 

ATLAS INDUSTRI MEBEL KAYU DI JEPARA, INDONESIA, vol 1

Jean-Marc Roda (), Philippe Cadène, Philippe Guizol, Levania Santoso and Achmad Uzair Fauzan
Additional contact information
Philippe Cadène: CNRS, UMR7135, Université Denis Diderot, Paris VII
Philippe Guizol: CIRAD
Levania Santoso: CIFOR
Achmad Uzair Fauzan: CIFOR

in Selected Books from CIRAD, Forest department, UPR40

Abstract: Dokumen ini merupakan kajian terhadap sentra industri di Kabupaten Jepara, Indonesia, yang mengkhususkan diri pada produksi mebel untuk dipasarkan dalam negeri maupun luar negeri. Kami mengambil kesimpulan dari ciri-ciri utama dan dinamika yang terjadi pada berbagai perusahaan di Jepara dengan menggunakan analisis kuantitatif terhadap alur yang terjadi antara perusahaanperusahaan tersebut dan dengan pasar di tempat lain. Suatu metode analisis spasial telah dirancang khusus, dan digabungkan dengan metode lain yang sudah ada untuk menganalisa jaringan produksi hutan serta jaringan sosial. Metode tersebut memungkinkan adanya pertimbangan serta evaluasi yang lebih tepat dan akurat terhadap jumlah bengkel-bengkel kecil (lebih dikenal dengan sebutan "brak" atau workshop) yang tidak dapat dievaluasi dengan menggunakan metode-metode klasik. Tulisan ini menunjukkan bahwa statistik resmi dan berbagai tulisan yang sudah ada tentang Jepara selama ini ternyata memberikan taksiran yang terlalu rendah terhadap jangkauan industri kayu dan kegiatan di Jepara. Hasilnya disajikan melalui peta sintesis. Sebanyak 15.271 unit produksi telah diidentifikasi di Jepara, yang memperkerjakan sekitar 170.000 orang. Kegiatan tersebut menghasilkan pendapatan yang cukup besar, yaitu nilai tambah antara Rp 11.900 - 12.300 miliar/ tahun (sekitar Euro 1 miliar/tahun), atau Rp 70 - 78 juta/pekerja/tahun. Konsumsi kayu bulat di Kabupaten Jepara adalah sebesar 1,5 hingga 2,2 juta m≥/tahun, dengan kata lain, 9 m≥ kayu bulat dapat menyokong pekerjaan 1 pekerja tetap selama satu tahun. Penataan produksi di daerah ini sama seperti di sentra industri lainnya, di mana hubungan dan sistem sub kontrak antara sesama unit produksi serta tingkat spesialisasi tergolong tinggi, dan unit ukuran kecil dan sangat kecil menjadi cukup dominan dalam berbagai tahap produksi dibandingkan dengan unit terpadu yang lebih besar.

Keywords: Indonesia; Jawa; mebel; kayu; sentra industri; jaringan produksi; daerah klaster manufaktur; spesialisasi yang fleksibel; UKM; jati; dagang (search for similar items in EconPapers)
JEL-codes: L73 Q23 (search for similar items in EconPapers)
Date: 2007
Edition: 1
ISBN: 978-979-1412-13-1
Note: language = indonesian, 54p, EC project "Levelling the playing field", CABI thesaurus: 1. furniture 2. forest products industries 3. teak 4. small businesses 5. location of production, Buku ini dibuat bersama oleh Centre de coopération international en recherche agronomique pour le développement (CIRAD) dan Center for International Forestry Research (CIFOR). Kami berterima kasih kepada para pendata atas kerja keras mereka (Adi Nugroho, Budi Suprojo, Desti Wahyu Kurniawati, Dewi Azizah, Eko Agus Wibisono, Fajar Hery Purwanto, Fauziatul Iffah, Iwan Achmad Ambiya, Muhammad Maksalmina, Rini Puspita Sari, Wachid Nurhadi, Wuri Rahmawati), Maya Dina ñ koordinator lapangan, Fitri Mulyana ñ yang merapihkan dan memeriksa data base, dan Rosita Go ñ sekretaris. Kami juga berterima kasih kepada Peter Frost, yang memeriksa dan memberikan masukan yang berguna untuk buku ini, dan kepada tim Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada yang telah memberikan dukungan dalam penelitian ini. Buku ini tidak akan tercetak tanpa ketelitian yang luar biasa dari Gideon Suharyanto dan Eko Prianto ñ yang memformat dan mendesain sampul buku. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara untuk bantuan mereka, dan kepada Komisi Uni Eropa, CIRAD, dan CIFOR untuk bantuan dana.
References: Add references at CitEc
Citations: Track citations by RSS feed

Downloads: (external link)
http://hal.cirad.fr/cirad-00191168/en/ (application/pdf)

Related works:
This item may be available elsewhere in EconPapers: Search for items with the same title.

Export reference: BibTeX RIS (EndNote, ProCite, RefMan) HTML/Text

Persistent link: https://EconPapers.repec.org/RePEc:epf:ecbook:8

Access Statistics for this book

More books in Selected Books from CIRAD, Forest department, UPR40 Contact information at EDIRC.
Bibliographic data for series maintained by JM Roda ().

 
Page updated 2021-05-05
Handle: RePEc:epf:ecbook:8